Briefing PKMJ Matematika 2015

PKMJ itu apa sih? PKMJ adalah singkatan dari Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Jurusan. Acara ini diselenggarakan oleh seluruh jurusan di Universitas Negeri Jakarta. Sebelum mengikuti acara inti PKMJ, kami mahasiswa 2015 dihimbau untuk mengikuti briefing pada tanggal 20 Oktober 2015.
 
Hari ini adalah saatnya saya dan teman-teman jurusan matematika UNJ 2015 dan beberapa dari 2014 mengikuti briefing PKMJ. Beberapa peserta PKMJ sudah hadir di depan ruang IDB II pada pukul 12.30. Saya dan teman saya menunggu acara briefing sambil belajar kalkulus dan ngemil. Kami melihat para panitia PKMJ mulai berdatangan untuk mempersiapkan ruangan, mulai dari menyingkirkan kursi-kursi ke pinggir maupun keluar, mempersiapkan laptop dan sound serta membersihkan ruangan 7.07. Pada pukul 13.00, registrasi sudah dibuka. Peserta mulai mengantre untuk bergantian registrasi dan segera memasuki ruangan 7.07.

Sekitar pukul 13.45, acara briefing dimulai dengan MC Kak Dimas Ainul. Kami diberi sedikit pengetahuan tentang PKMJ Matematika 2015 serta tema/jargon pada acara ini, yaitu "Bangun semangat totalitas, berjiwa militansi, tuk jadi pemimpin yang menginspirasi". Menurut saya, ini adalah tema yang sangat cocok untuk para calon pemimpin yang baik. Sebelum mulai ke materi, acara ini dimulai dengan awal yang baik, yaitu dengan tilawah yang dibacakan oleh M. Rizki Ramadhan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemutaran video rangkaian acara PKMJ Matematika 2014,mulai dari briefing,pra1,pra2,sampai hari-h nya. Di akhir video terdapat testimoni mengenai acara PKMJ Matematika oleh Kak Chandra, Kak Dimas Ainul, dan Kak Hafizh.

Lanjut ke materi. Materinya tentang Kesekretariatan, SOP BEMJ Matematika, dan Manajemen Keuangan. Materi ini disampaikan oleh Kak Aisah dan Kak Ella yang dimoderatori oleh Kak Ningrum. Selaku sekretaris umum BEMJ Matematika, Kak Aisah menjelasakan tentang keseretariatan. Fungsi dari sekretaris diantaranya adalah menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, serta menyimpan dan mengirim. Jadi setelah data dicatat dan diolah, data tersebut harus digandakan/dicopy untuk arsip lalu disimpan dengan baik. Selanjutnya membahas SOP BEMJ Matematika dan administrasi BEMJ Matematika. Terdapat 5 administrasi BEMJ Matematika yaitu surat, proposal, LPJ, RK, dan LK. Kak Aisah menjelaskan kriteria pada surat, ukuran logo pada kop surat, jenis dan ukuran font pada kop surat, margins, isi surat, tanda tangan pengesahan untuk proposal meliputi letak tanda tangan ketua pelaksana dan mengetahui berada di tengah.

Lalu, dilanjutkan dengan materi manajemen keuangan oleh kak Ella selaku bendahara umum. Kegiatan utama bendahara adalah perencanaan manajemen keuangan, perolehan data, penggunaan data, pengawasan dan evaluasi, serta pertanggungjawaban. Jadi sebelum mengadakan suatu acara harus terlebih dahulu membuat perencanaan dana yang akan dikeluarkan secara detail. Hal ini bertujuan agar pengeluaran sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perencanaan yang sudah dibuat. Setalah dana digunakan, perlu adanya evaluasi untuk melihat kekurangan agar bisa ditutupi oleh dana yang lain serta harus dipertanggungjawabkan, dana yang keluar dipakai untuk apa saja. Setelah materi selesai, Kak Ningrum mempersilahkan peserta apabila ada yang ingin bertanya. Terlihat beberapa peserta berantusias untuk bertanya, tetapi sepertinya pertanyaan lebih banyak diajukan untuk Kak Ella. Setelah sesi tanya jawab selesai, selaku moderator Kak Ningrum memberi kesimpulan bahwa 2 hal itu sangat penting untuk seorang pemimpin. Pemimpin harus mampu megolah data dan merincikan keuangan serta mempertanggungjawabkannya agar menjadi pemimpin yang baik. Jangan sampai, kita, calon pemimpin masa depan menjadi pemimpin yang tidak adil.

Acara dilanjutkan dengan temu kelompok dan fasiltator. Saya mendapat kelompok 10 dengan fasil Kak Marwa, tetapi Kak marwa berhalangan hadir. Karena itu, Kelompok 10 untuk sementara digabung dengan kelompok yang fasilnya Kak Pute. Hari ini, banyak teman kelompok saya yang tidak bisa hadir, terhitung hanya ada 5 orang yang hadir. Kami setuju untuk memilih Adi sebagai ketua kelompok kami. Kak pute banyak menceritakan pengalaman selama mengikuti acara PKMJ Matematika. Kak Pute meyakinkan kami bahwa kami bisa menghandle dan mengerjakan semua tugas dengan baik walaupun dalam masa UTS. Kak Pute terus menyemangati kami agar kami tetap bertahan sampai akhir acara PKMJ ini. Sambil Cerita-cerita, ketua-ketua kelompok dipanggil oleh panitia. Dan ternyata, tugas-tugas sudah mulai diberikan. Ada 4 tugas, yaitu : Danus dengan modal 50 ribu rupiah yang panitia berikan dengan target keuntungan 500 ribu rupiah sehingga pada akhir terkumpul 550 ribu rupiah, Membuat field record di blog tentang briefing,pra1,pra2,dan hari-h serta  share alamat blog kita ke grup facebook PKMJ Matematika UNJ 2015, Essay tentang mekanisme sidang dan mekanisme pemilu, dan lembar mutaba’ah bagi muslim atau lembar kebaikan harian untuk non muslim. Cukup banyak tugas yang diberikan, tapi insyaAllah kami pasti bisa menghandle dan mengerjakan semua tugas yang diberikan degan baik seperti yang diucapkan Kak Pute. Terimakasih Kak Pute telah memotivasi kami, semoga kami tidak berhenti di tengah jalan.

Tak terasa waktu temu kelompok sudah habis. Semua peserta kembali duduk ke tempat semula. Sebagaimana acara ini dimulai dengan awal yang baik, maka diakhiri pula dengan akhir yang baik yaitu dengan membaca do'a secara khusyuk yang dipimpin oleh Kak Andri Kosiret. Setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing.

Sekian cerita saya tentang briefing PKMJ Matematika 2015. Tunggu cerita pra 1 yaa. See you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING