Pra 1 PKMJ Matematika 2015



Assalamu’alaikum teman-teman. Kali ini saya akan menceritakan tentang acara pra 1 PKMJ yang diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2015. Namun kali ini berbeda dengan briefing pada tanggal 20 teman-teman. Karena apa? Karena hari ini kita sudah memakai dresscode loh,untuk yang putra memakai kemeja warna putih lengan panjang,celana panjang  warna hitam lengkap dengan sepatu hitam. Untuk yang putri memakai kemeja lengan panjang/tunis warna putih dan rok panjang warna hitam. Untuk yang muslimah memakai kerudung warna hitam dan untuk yang non-muslimah dianjurkan untuk mengikat rambutnya,serta memakai sepatu warna hitam juga. Bukan cuma itu yang ngebuat hari ini berbeda. Ada satu lagi loh yaitu kita udah membawa tugas-tugas yang diberikan waktu briefing, yaitu essay, lembar mutaba’ah dan laporan danus.

Saya dan teman-teman saya registrasi pada pukul 12.55. Alhamdulillah ya tidak telat karena sebelumnya kami ada mentoring. Setelah registrasi, kami pun mulai duduk dan menunggu acara dimulai. Kali ini MC nya juga berbeda loh yaitu Kak Angga. Acara dimulai dengan pembukaan dari Kak Angga selaku MC dan seperti biasa dimulai dengan awal yang baik yaitu tilawah yang dibacakan oleh Erik, peserta PKMJ Matematika 2015. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua BEMJ Matematika 2015 yaitu Kak Hafizh. Sambutan yang diberikan sangat bermanfaat. Kak Hafizh menekankan bahwa di acara PKMJ Matematika ini, kita para calon pemimpin harus bisa berani ngomong dan mengeluarkan pendapat.

Yap, lanjut ke materi. Materi berikut sesuai dengan penugasan essay kita loh, jadi kita dikasih penjelasan lebih detail mengenai mekanisme sidang dan mekanisme pemilu. Materi pertama yaitu tentang mekanisme sidang yang disampaikan oleh Kak Hikmah. Kak Hikmah menjelaskan materi mekanisme / tata cara sidang secara rinci mulai dari definisi sidang yang diartikan sebagai pertemuan formal.  Wah formal? Itu berarti bahasa yang disampaikan juga harus formal. Lalu landasan hukum yang sesuai dengan Peraturan Organisasi Pemerintahan Mahasiswa Universitas Negeri Jakata No.4 tahun 2015. Lanjut ke  jenis persidangan. Jenis persidangan ada 4 yaitu Forum tertinggi, Sidang Paripurna, Sidang Pleno dan Sidang Istimewa.  Sedangkan sifat persidangan ada 2 yaitu Tertutup dan Terbuka. Setelah itu Kak Hikmah menjelaskan tentang persiapan sidang. Undangan sidang harus disebar dan dikasih ke anggota maksimal 3 hari sebelum acara sidang. Peserta sidang dikasih bahan/draft tetapi tidak semua peserta dikasih draftnya (soalnya fotocopy mahal:D). Yang terpenting adalah semua peserta baca akan draftnya. Peserta sidang harus mengisi daftar hadir atau biasa yang disebut presensi. Acara sidang dibuka oleh Pemimpin Sidang setelah mencapai Quorum. Apasih Quorum? Quorum itu adalah syarat untuk membuka acara sidang yaitu saat peserta sidang sudah mencapai 50%+1. Dan diakhir ada keputusan/ketetapan/hasil sidang. Acara sidang juga memerlukan perangkat sidang loh teman-teman. Yaitu harus ada ruang sidang yang lebih tepatnya ada batas untuk mengkategorikan yang mana saja sebagai peserta sidang. Palu dan bantalan untuk mengesahkan hasil sidang serta membuka dan menutup acara sidang. Berkas-berkas meliputi agenda,tata tertib,dsb. Peserta dan pemimpin sidang. Peserta sidang mempunyai hak dan kewajiban yang haus ditaati selama acara sidang. Serta notulensi untuk mencatat apa saja yang dibahas selama acara sidang. Kak Hikmah memberitahu kami bahwa dalam memukul palu itu ada ketentuannya yaitu dengan memiringkan posisi palu sekitar 45 derajat. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya suara pantulan yang bisa menyebabkan salah arti dalam ketukan palu. Dan pemimpin sidang harus berjumlah ganjil. Tujuannya adalah ketika hasil sidang harus ditetapkan melalui voting dari pemimpin sidang,hasilnya tidak seri,sehingga adanya ketetapan sidang yang jelas. Kak Hikmah juga menjelaskan tentang aturan umum dalam persidangan yaitu hak bicara, hak suara,skorsing (penundaan tetapi disahkan hari itu juga), pending (penundaan yang disahkan dihari lain),interupsi,dan aklamasi. Setelah materi selesai, Kak Hikmah mengajak kita untuk mencoba persidangan dan mengajak peserta PKMJ untuk menjadi pemimpin sidang. Seru loh ternyata:D

Lanjut materi kedua yaitu tentang Mekanisme Pemilu yang disampaikan oleh Kak Indah. Tetapi kelihatannya peserta PKMJ sudah mulai bosan dan ngantuk. Sehingga Kakak-kakak panitia memberi kami snack yang berada di nampan yang membuat kami semangat kembali. Terimakasih kakak panitiaJ. Sambil ngemil Kak Indah menjelaskan tentang tahapan pemilu yaitu pembentukan PANSEL, pembentukan DKPP UNJ dan Ketua, pembentukan PANWASLU dan Ketua, pemilihan Ketua KPU UNJ, pembentukan panitia KPU UNJ, pembekalan untuk penyelenggara pemilu UNJ, pendaftaran peserta pemilu, penetapan peserta pemilu, masa kampanye dan masa tenang.

Tak terasa adzan ashar sudah berkumandang. Saatnya kita shalat ashar dan istirahat. Tetapi kami hanya dikasih waktu 10 menit sehingga kami berlari-larian ke MNI unuk shalat ashar agar tidak telat sampai ke tempat pra 1 PKMJ kembali. Cukup lelah tetapi itu menjadi tantangan bagi kami untuk bisa tepat waktu dan disiplin. Setelah shalat ashar, ada teman kami yang berjualan. Kebetulan kami keisengan dan butuh yang segar-segar,  jadi kami menyerbu yang berjualan hehe. 

Setelah semua peserta kembali hadir di tempat pra 1 PKMJ acara pun dilanjutkan dengan materi mengenai LLMJ Matematika dan BEMJ Matematika yang dimoderatori oleh Kak Sigit. Materi LLMJ Matematika disampaikan oleh Kak Ricky selaku Ketua  Lembaga Legislatif Mahasiswa Jurusan Matematika 2015 secara singkat, karena materi ini katanya bersifat Talk Show. Kak Ricky menjelaskan tentang fungsi legislatif yaitu legislasi,pendamping,aspirasi, dan anggaran. Serta memberitahu kami tentang struktur LLMJ Matematika 2015 mulai dari Ketua, Baleg, Sekjen, BURT, dan Komisi-komi yang berjumlah 6. Selain itu Kak Ricky menjelaskan tentang agenda di LLMJ yaitu rapat kerja bersama, sidang pleno, sidang umum, kajian legislatif, seminar legislatif, KPU, Famday, TIPE dan OH (Open House). 

Sedangkan materi mengenai BEMJ Matematika disampaikan oleh Kak Hafizh selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Matematika 2015. Kak Hafizh memberitahu kami siapa saja orang-orang yang menjabat di BEMJ Matematika (melalui bagan yang kita lihat di Proyektor). Kak Hafizh juga menjelaskan tentang Biro Enterpreuner dan Biro Kestari serta Dept. Advor, Dept. Rohis, Dept. Kaderisasi, Dept.Akademik, Dept. Profeil dan Dept. Infokom.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada yang menanya tentang suka-duka selama di BEMJ dan LLMJ, Kuota untuk LLMJ dan BEMJ serta adanya isu pembubaran jurusan yang diganti dengan prodi. Semua pertanyaan dijawab secara mantap oleh Kak Ricky dan Kak Hafizh. Setelah itu diadakan temu kelompok. Alhamdulillah, hai ini fasil saya dan teman kelompok saya hadir. Kami saling berkenalan dan  berbagi cerita mengenai organisasi. Tak terasa waktu sudah sore,pukul menunjukan 17.30. Waktu temu kelompok sudah habis. InsyaAllah materi-materi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat. Selanjutnya acara ditutup  dengan do’a yang dipimpin oleh Rizky. Setelah itu kami segera pulang ke rumah masing-masing.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi WabarakatuhJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING