PKMJ MATEMATIKA 2015



Assalamu’alaikum teman-temanJ
Udah gak sabar nih mau cerita tentang acara inti PKMJ Matmatika 2015, yuk dibaca!
Hari Jum’at tanggal 13 November 2015 kami berkumpul di Lapangan Daksinapati pada pukul 15.30 untuk melaksanakan apel. Tetapi tidak semua peserta hadir karena sebagiannya masih ada mata kuliah. Pada saat apel, Pak Ibnu berpesan kepada kami untuk tidak egois, harus saling peduli dan tetap semangat. Dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik, apel disudahkan. Dan kami berpindah tempat ke gedung IDB 2 lantai 7 untuk temu kelompok dengan fasil. Para ketua kelompok dipanggil oleh kakak panitia untuk pengumpulan tugas serta diberi arahan mengenai transportasi menuju tempat PKMJ yaitu Villa Ira. Setelah selesai, kami semua diminta untuk segera meninggalkan UNJ dan tidak diperbolehkan shalat di area UNJ. Para kakak fasil sepakat untuk melakukan shalat di Masjid At-Takwa dekat Lapangan Daksinapati. Hujan mulai turun dan semakin deras. Tetapi kami tetap memutuskan untuk berangkat ke tempat PKMJ setelah shalat dengan menggunakan payung walaupun masih terkena hujan dan sepatu kami basah karena tergenang air di jalan.
Kelompok saya berangkat ke tempat PKMJ dengan menggunakan metromini 49 dan dilanjutkan dengan bus 98 tujuan Kp.Rambutan. Sekitar pukul 20.30 kami sampai di Kp.Rambutan. Sebelum melanjutkan perjalanan, kai terlebih dulu makan malal di terminal dan menghangatkan tubuh kami dengan minum teh manis hangat,sereal ataupun susu hangat. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan dengan bus Marita tujuan Cisarua.
Sesampai disana kami dipersilahkan untuk istirahat sejenak dan makan makanan ringan. Beberapa menit kemudian kami berjalan menuju Villa Ira, tempat dilaksanakannya PKMJ. Setelah sampai kami melakukan presensi. Kami tiba sekitar pukul 23.18 dan diminta untuk mengisi peminatan antara BEMJ atau LLMJ serta mengumpulkan bahan makanan individu. Setelah itu kami diminta menuju aula untuk melaksanakan sidang agenda PKMJ dan membahas beberapa peraturan. Sidang PKMJ selesai pukul 01.47 dini hari. Kemudian peserta menuju kamar untuk beristirhat.
       Pada pukul 03.30 peserta dibangunkan untuk melaksanakan shalat tahajud yang kemudian dilanjutkan dengan shalat subuh berjama’ah dan membaca al-matsurat bersama-sama. Setelah itu diadakan temu kelompok dengan kakak fasil di halaman dekat aula dan makan roti serta minum susu hangat. Setelah itu, kami diminta untuk tracking ke daerah sekita villa dan dilanjutkan dengan senam bersama yang dipimpin oleh Kak Sigit.
Setelah itu kami diminta mengganti pakaian olahraga kami dengan dresscode yang telah ditentukan yaitu putih-hitam, kemudian sarapan. Setiap makan, kami diminta untuk membuat kelompok makan yang terdiri dari 10-11 orang dan makan bersama dari 1 nampan. Setiap kelompok membuat lingkaran kecil dengan duduk miring untuk memudahkan kami makan. Dan kami diminta untuk menjaga amanah poster secara bergantian tiap kelompok PMKJ. Setelah sarapan selesai kami segera menuju aula untuk diberi materi mengenai manajemen advokasi yang dimoderatori oleh Kak Sigit dan disampaikan oleh Kak Putra. Advokasi bisa brupa pelayanan,tempat pengaduan mapun pembelaan kepada masyarakat internal UNJ. Sebelum materi dilanjutkan, diadakan presentasi kelompok mengani hasil wawancara. Materi selanjutnya disampaikan oleh kak Bagus selaku Ketua BEMF MIPA UNJ. Materi yang disampaikan mengenai Kepemimpinan dan Public Speaking. Beliau menyampaikan bahwa sebelum melakukan public speaking diperlukan kesiapan mental, teknik, dan konten. Di sela-sela materi Kak Bagus memberi kami beberapa hiburan, salah satunya adalah senam otak.
Setelah materi, kami diminta berkumpul di halaman villa untuk mempraktekan materi public speaking. Setelah itu kami diminta untuk bergabung dengan teman yang berminat LLMJ atau BEMJ menurut kelompoknya masing-masing untuk membicarakan hal-hal mengenai PKN yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 15 November 2015. Setelah  itu presentasi kelompok mengenai hasil wawancara dilanjutkan
Setelah melaksanakan shalat berjama’ah dan makan bersama kami berkumpul di lapangan dan dievaluasi mengenai kegiatan PKMJ yang sedang berlangsung. Kemudian diminta kembali ke villa untuk bersiap shalat maghrib yang di jama' secara berjamaah.
      Setelah shalat maghrib dan makan malam kami berkumpul kembali di aula untuk temu kelompok LLMJ atau BEMJ untuk melanjutkn pembahasan mengenai PKN esok hari. Setelah itu diberi materi mengenai Aku Bangga menjadi mahasiswa UNJ dan beberapa menit lebih dekat dengan BEMJ Matematika disertai dengan tanya jawab. Setelah itu kami diminta kembali ke villa masing-masing untuk beristirahat.
            Keesokan harinya kami dibangunkan pukul 02.00 dini hari untuk melaksanakan shalat tahajud dan shalat shubuh berjama’ah serta membaca al-matsurat bersama-sama. Setelah itu kami dikumpulkan di lapangan untuk menuju post-post tertentu dan dibekali sebuah amanah. Setelah selesai, diadakan evaluasi mengenai amanah yang telah diberikan. Dilanjutkan dengan kegiatan outbond dan bersih-bersih serta sarapan. Hari ini kami mengenakan dresscode batik-hitam. Kami dikumpulkan kembali dilapangan untu mempersiapkan acara PKN yang telah kami rencanakan kemarin. Sekitar pukul 12.15 acara PKN selesai dan dilanjutkan dengan shalat dzuhur berjama’ah serta makan siang.
            Kami kembali berkumpul di aula untuk evaluasi hasil PKN yang telah dilaksanakan. Para LLMJ menilai hasil kerja dari BEMJ dan LLMJ dinilai langsung oleh Kak Naufal. Setelah itu kami dikumpulkan di lapangan untuk evaluasi kegian PKMJ, Kami berkmitmen untuk PKN ulang yaitu mengadakan kegiatan bakti sosial sekitar UNJ pada awal Desember. Kami kembali lagi ke aula untuk perkenalan panitia PKMJ Matematika 2015 dan kembali lagi ke halaman untuk apel. Karena tronton belum datang, kami menunggu sambil makan bakso, setelah itu membaca al-matsurat secara bersama-sama dan shalat maghrib. Sekitar pukul 19.00 tronton sudah datang, kami pun kembali ke Jakarta.
            Alhamdulillah kami semua selamat sampe rumah. InsyaAllah ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh kakak panitia juga pengisi materi bisa bermanfaat untuk kami dan bisa kami aplikasikan dalam kehdupan sehari-hari

Wassalamu’alaikum Wr.Wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING