Pra 2 PKMJ Matematika 2015

Assalamu’alaikum JJJ
Hari ini saya bakal cerita tentang Pra-2 PKMJ Matematika 2015 nih. Hari ini ngapain aja sih???? Kepo kan....Yuk baca selengkapnya di bawah ini ehehe:D

7 November 2015. Hari ini kita ngumpul lagi di kampus tercinta, Universitas Negeri Jakarta dalam rangkaian acara PKMJ Matematika 2015 yaitu Pra ke-2. Walaupun sebelumnya cuaca kurang mendukung,tetapi ini tidak mengurangi rasa semangat kami untuk hadir dalam acara Pra-2 PKMJ. Kita kumpul di IDB 2 pada pukul 1 siang dengan menggunakan dresscode baju batik lengan panjang dan bawahan hitam serta menggunakan almamater.

Tepat pukul 1 siang acara dibuka oleh Kak Muzaki Tamami selaku MC. Seperti biasa diawali dengan awal yang baik,yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Wahyu. Dan langsung dilanjutkan ke materi pertama tentang Manajemen Organisasi dan Event Organizer yang disampaikan oleh Kak Arief dan dimoderatori oleh Kak Muhammad Abdurrahim. Menurut Kak Arief, manajemen adalah seni. Manajemen adalah pengelolaan hati-hati para sumber daya manusia. Beliau menyampaikan bahwa fungsi utama lembaga legislatif maupun eksekutif adalah pelayanan.

Urgensi dalam event adalah membawa nama baik kampus, memudahkan pelaksanaan event dan membuat event jadi menarik. Prinsip dalam event yaitu 5w+1h,yaitu mengenai tujuan event diadakan,apa yang menjadi ciri khas event tersebut sehingga bisa dikenal masyarakat luas serta bagaimana konsep event tersebut. Beliau juga menyampaikan mengenai dasar pengelolaan event, yaitu menjalankan ide, kemudian ide tersebut diwujudkan dalam konsep event,dan konsep tersebut dapat diwujudkan dan direalisasikan serta dapat diterima oleh pihak yang terlibat. Tahapan dalam penyelenggaraan event,yang pertama adalah konsep yang menarik dan kreatif,yang kedua adalah proses tahapan pembuatan event,dan yang terakhir adalah eksekusi event yang signifikan.

Setelah itu beliau menyampaikan bahwa Event Organizer itu harus memiliki tujuan yang jelas, konsep dan ide yang kreatif dan menarik, memiliki SDM yang berkuantitas juga berkualitas dan solid,serta teamwork dan superteam. Selain itu juga mengenai urgensi evaluasi yaitu agar kesalahan tidak terulang, mengetahui kekurangan dari event tersebut dan mendengarkan curahan hati. Di akhir beliau memperlihatkan video tentang bagaimana kerjasama tim yang baik dan yang buruk.

Sebelum dilanjutkan ke materi kedua, Kak Muzaki memberitahu kami tentang peraturan selama mengikuti acara pra-2 PKMJ. Materi kedua berkaitan dengan Kapita Selekta Legislatif yang disampaikan oleh Kak Ricky dan dimoderatori oleh Kak Dhyon. Sebagai awalan Kak Ricky menjelaskan tentang sejarah legislatif. Ada 2 tokoh besar, yaitu John Locke dan Montesque. Menurut John Locke ada 3 badan yaitu legislatif,eksekutif dan federatif. Legislatif yang menjalankan suatu acara dan eksekutif yang mengawasi. Sedangkan menurut Montesque ada 3 badan yaitu legislatif, eksekutif dan yudikaif. 3 badan ini yang kita kenal dengan Trias Politika. Berbeda dengan John Locke, Montesque berpendapat bahwa Eksekutif yang menjalankan suatu acara dan Legislatif yang mengawasi. Fungsi legislatif yaitu fungsi peraturan, fungsi aspirasi dan fungsi pengawasan. Ada juga fungsi penilaian,berkaitan dengan kuantitatif yaitu ketepatan waku, kualitatif yaitu ketepatan target dan anggaran yaitu valid/tidaknya dana yang dikeluarkan. Tugas dan wewenang legislatif tercantum dalam UUD 1945 pasal 20 ayat 1 dan 2, pasal 21, pasal 23 ayat 2, dan pasal 20 A ayat 2. Sedangkan hak legislatif ada hak interpelasi,angket,menyatakan pendapat,budget,bertanya, imunitas, petisi, inisiatif, dan amandemen.  Setelah materi selesai,acara dilanjutkan dengan shalat ashar dan kita berpindah tempat ke lapangan daksinapati dekat masjid At-Takwa.

Di lapangan kita dikasih waktu untuk temu kelompok,namun pada kali ini tidak dengan Kakak Fasil. Kita membahas segala macam yang perlu dibicarakan mengenai tugas kelompok, danus,dsb. Sementara Ketua Kelompok dipanggil kakak panitia untuk pemberian tugas selanjutnya. Setelah temu kelompok selesai,kami semua membuat 1 lingkaran di tengah lapangan untuk evaluasi. Evaluasi berkaitan dengan masih adanya pesert yang datang terlambat maupun tidak hadir,penugasan yang belom dikerjakan,dsb. Tetapi ditengah-tengah evaluasi, cuaca kembali kurang mendukung yang menyebabkan evaluasi ditunda sementara. Kita berteduh ke area masjid dan evaluasi dilanjutkan disana. Kami membuat komitmen untuk berusaha tepat waktu dalam penugasan dan hadir tepat waktu dan mengajak teman-teman yang belum bisa hadir hari ini. Setelah evaluasi selesai,acara ditutup dengan do’a oleh Eqi. Kemudian kami pulang ke rumah masing-masing.


Sekian cerita tentang acara pra-2 PKMJ Matematika 2015. See you! J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING